Analisis Penerimaan Aplikasi CBT SMK Menggunakan Metode Integrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behaviour (TBP)

Afiana, Rifatuliha (2018) Analisis Penerimaan Aplikasi CBT SMK Menggunakan Metode Integrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behaviour (TBP). S2 thesis, UNY.

[img] Text
Rifatuliha Afiana_16720251001_PTEI.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penerimaan teknologi CBT Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggunakan Integrasi TAM (Technology Acceptance Model) dan TPB (Theory of Planned Behavior). Tingkat penerimaan penggunaan terhadap aplikasi CBT dapat diukur dengan integrasi TAM dan TPB. Terdapat 8 konstruk asli yang terdapat dalam Integrasi TAM dan TPB serta ditambah dua konstruk eksternal. Kontruk tersebut antara lain Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), Attitude toward Using Techology(ATU), Subyektive Norm (SN), Perceived Behaviour Control (PBC), Behavioral Intention to Use (BIUS) dengan konsruk eksternal Complexity dan Computer Self efficacy. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan ex-post facto. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMK yang menggunakan aplikasi CBT pada test harian, UTS dan UAS. Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 141 siswa SMK dengan teknik pengambilan sample yaitu stratified random sampling. Data diperoleh dengan kuisioner tertutup. Analisis data menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) menggunakan software smartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini dapat diperoleh bahwa model memenuhi nilai Goodness of fit SRMR sebesar 0,063 serta ditemukannya hasil Faktor eksternal yang meliputi ComputerSelf Efficacy (sig 0.000) dan Complexity (sig 0.009) berpengaruh terhadap penggunaan CBT; TAM yang meliputi konstruk PEOU (sig 0.000), PU(sig 0.0001), ATU(sig 0.467) dan BIUS(sig. 0.0146) berpengaruh terhadap penggunaan CBT; TBP yang meliputi SN (Sig. 0.0016) dan PBC (Sig.0.002) berpengaruh terhadap penggunaan CBT. Model penerimaan teknologi yang diperoleh bisa memberikan gambaran bahwa seberapapun manfaat yang diberikan oleh CBT jika tidak ada regulasi maka sistem tersebut tidak akan mempengaruhi intensi seseorang untuk menggunakan. Kata Kunci : Integrasi TAM TPB, PLS, CBT

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Date Deposited: 13 Nov 2018 00:54
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61221

Actions (login required)

View Item View Item