PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PENGOPERASIAN KAMERA DIGITAL MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL KELAS XI SMK NEGERI 1 GODEAN

Ruwiani, Arsita (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PENGOPERASIAN KAMERA DIGITAL MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL KELAS XI SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
naskah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan e-modul pembelajaran materi Pengoperasian Kamera Digital pada mata pelajaran komposisi foto digital untuk siswa SMK kelas XI, (2) mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar siswa pada mata pelajaran komposisi foto digital kelas XI di SMK Negeri 1 Godean, (3) mengetahui unjuk kerja modul elektronik yang dikembangkan dengan uji alpha dan uji beta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Alessi dan Trollip, yaitu Planning (Perencanaan), Design (Desain/Perancangan), Development (Pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Godean. Penelitian melibatkan 3 dosen ahli dan 1 orang guru untuk penilaian kelayakan e-modul pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: (1) penelitian menghasilkan e-modul pembelajaran Pengoperasian Kamera Digital berbasis flash untuk siswa SMK kelas XI, (2) e-modul pembelajaran telah memenuhi uji kelayakan sebagai bahan ajar untuk mendukung proses belajar siswa dengan rata-rata skor seluruh aspek 4,08 yang termasuk kategori sangat layak oleh ahli media, rata-rata skor seluruh aspek 4,28 yang termasuk kategori sangat layak oleh ahli materi, dan rata-rata skor seluruh aspek 4,17 yang termasuk kategori sangat layak menurut respon siswa sebagai pengguna e-modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-modul Pembelajaran, Pengoperasian Kamera Digital
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61145

Actions (login required)

View Item View Item