Pengembangan Lift the Flap Story Book Berbasis Ramah Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Self Regulated Learning Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar

Darmawati, Kurnia (2018) Pengembangan Lift the Flap Story Book Berbasis Ramah Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Self Regulated Learning Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_KURNIA DARMAWATI_16712251046.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lift the flap story book berbasis ramah anak yang layak untuk meningkatkan kemampuan analisis dan self regulated learning siswa pada pembelajaran matematika, (2) menguji keefektifan lift the flap story book berbasis ramah anak untuk meningkatkan kemampuan analisis dan self regulated learning siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan merujuk pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2003) yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba awal, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan diperluas, (7) revisi produk II, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, angket, respon guru dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t dan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa lift the flap story book berbasis ramah anak yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan hasil uji coba di sekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor 129 dengan kategori “sangat baik”, aspek materi memperoleh skor 149 dengan kategori “baik”, aspek bahasa memperoleh skor 69 dengan kategori “sangat baik”. Lift the flap story book yang dikembangkan tersebut memperoleh skor 118 (kategori “sangat baik”) dari guru dan skor 75,19 (kategori “sangat baik”) dari siswa. Lift the flap story book yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan self regulated learning siswa. Hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan taraf signifikansi 0,000<0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan kemampuan analisis dan self regulated learning siswa pada pembelajaran matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan lift the flap story book tersebut dengan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan lift the flap story book tersebut. Kata Kunci: berpikir analisis, lift the flap story book, ramah anak, self regulated learning

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 07 Nov 2018 07:50
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61143

Actions (login required)

View Item View Item