Efektivitas Model Project-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Kemampuan Interpersonal Siswa Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII

Santria, Ummi (2018) Efektivitas Model Project-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Kemampuan Interpersonal Siswa Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS UMMI SANTRIA YUDISIUM.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dan perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan model project-based learning dan problem-based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa pada materi statistika dan peluang kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis yang terdiri atas tujuh kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan secara acak, sehingga diperoleh kelas VIII A dan kelas VIII B. Kelas VIII A perlakuan berupa model project-based learning dan kelas VIII B perlakuan berupa model problem-based learning. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes prestasi belajar statistika dan peluang, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemampuan interpesonal siswa. Pengujian keefektifan model project-based learning dan problem-based learning pada masing-masing variabel digunakan one sample t-test. Kemudian, pengujian perbedaan keefektifan antara model project-based learning dan model problembased learning dilakukan dengan uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran matematika dengan project-based learning dan problem-based learning efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa, (2) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model projectbased learning dan problem-based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa. Kata Kunci: project-based learning, problem-based learning, prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan interpersonal siswa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:27
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61129

Actions (login required)

View Item View Item