Penggunaan Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Batukliang - Lombok Tengah

Safi'uddin, Anang (2018) Penggunaan Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Batukliang - Lombok Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis (Anang_Safi'uddin-16707251031).swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar bahasa Inggris kelompok siswa yang diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Flash dan media presentasi PowerPoint; (2) perbedaan hasil belajar bahasa Inggris kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik; dan (3) interaksi pengaruh penggunaan pembelajaran multimedia interaktif dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Ini adalah penelitian kuasi-eksperimental. Subjek penelitian ini adalah kelas dua MA swasta di kecamatan Batukliang - Lombok Tengah pada semester genap tahun akademik 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan purposive cluster sampling dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan memperoleh dua sekolah, yaitu MA Nurul Ihsan NW Tilawah sebagai kelompok kontrol dan MA Uswatun Hasanah sebagai kelompok eksperimen. Jumlah siswa MA Nurul Ihsan NW Tilawah adalah 36 siswa sedangkan di MA Uswatun Hasanah sebanyak 39 siswa. Dalam proses pembelajaran, kelompok kontrol menggunakan media presentasi PowerPoint dan kelompok eksperimen memanfaatkan pembelajaran multimedia interaktif berbasis Flash. Data penelitian dikumpulkan melalui tes identifikasi gaya belajar dan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 24 for windows, dengan uji ANOVA dua arah pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar bahasa Inggris kelompok siswa yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Flash dan media presentasi PowerPoint; (2) ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar bahasa Inggris kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik; dan (3) ada pengaruh interaksi dalam penggunaan pembelajaran multimedia interaktif dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Kata kunci: multimedia, pembelajaran interaktif, flash, powerpoint, gaya belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Date Deposited: 06 Nov 2018 09:01
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61128

Actions (login required)

View Item View Item