Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Starter untuk Mata Pelajaran Pemeliharan Kelistrikan Kendaraan Ringan

Priambodo, Arif (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Starter untuk Mata Pelajaran Pemeliharan Kelistrikan Kendaraan Ringan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif priambodo-15702251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan multimedia interaktif pada materi sistem starter untuk mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan yang terintegrasi dengan perkembangan teknologi menggunakan software authoring tool, (2) mengetahui hasil penilaian dari produk yang dikembangkan dilihat dari aspek tampilan, program, dan interaktif penilaian berdasarkan penilaian sikap dari respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Branch. Tahap pengembangan meliputi (1) analisis data-data yang dibutuhkan; (2) Membuat instrumen penelitian, flowchart, dan storyboard media pembelajaran; (3) validasi intrumen penelitian; (4) pengembangan media pembelajaran; (5) uji Kelayakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media; (6) uji coba produk kelompok kecil (terbatas); (7) analisis dari hasil uji coba kelompok kecil; (8) revisi; (9) uji coba produk kelompok besar (lapangan); dan (10) analisis hasil uji coba kelompok besar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK PGRI 4 Ngawi. Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut. (1) (a) Hasil kajian produk akhir media yang telah dikembangkan dinilai “layak” digunakan dalam pembelajaran dengan hasil perhitungan produk sebesar rerata skor 3,36, dengan kategori “baik”. (b) Hasil uji coba lapangan produk yang dikembangkan dinilai “efektif” dengan hasil persentase kelayakan media pembelajaran sebesar 79,86%, termasuk dalam kategori efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. 2) Hasil penilaian aspek tampilan sebesar 3,13; aspek program sebesar 3,26; dan aspek interaktif sebesar 3,19 yang semua aspek berada pada kategori “baik”. Rerata skor akhir sebesar 3,19 dan berada pada rentang skor > 117,6 – 142,8 atau rerata skor akhir > 2,80 – 3,40 dengan kategori kelayakan produk “baik”. Berdasarkan nilai tersebut media pembelajaran interaktif sistem starter memenuhi unsur kemenarikan tampilan yang baik, pengoperasian produk yang baik, dan interaktif. Kata Kunci: Multimedia, interaktif, sistem starter.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 06 Nov 2018 08:29
Last Modified: 18 Aug 2022 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61122

Actions (login required)

View Item View Item