Pengaruh Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD.

Fitriani, Ofie Luthfiah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ofie-luthfiah-fitriani-16712251020.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman dan berpikir kritis; (2) pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca pemahaman dan berpikir kritis; (3) perbedaan pengaruh model pembelajaran PQ4R dan DRTA terhadap keterampilan membaca pemahaman dan berpikir kritis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu tahun 2017/2018. Pengumpulan data menggunakan tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan uraian. Analisis data analisis multivariat manova dan analisis univariat uji t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Model Pembelajaran PQ4R berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan nilai P sebesar 0,000;P=0,000<0,05 (2) Model Pembelajaran PQ4R berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan nilai P sebesar 0,000;P=0,000<0,05 (3) Model Pembelajaran DRTA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dibuktikan dengan nilai P sebesar 0,000;P=0,000<0,05 (4) Model Pembelajaran DRTA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan nilai P sebesar 0,000;P=0,000<0,05. (5) Model pembelajaran PQ4R memberikan pengaruh lebih baik daripada DRTA pada kemampuan berpikir kritis (6) Model pembelajaran DRTA memberikan pengaruh lebih baik daripada PQ4R pada keterampilan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, DRTA, PQ4R, membaca pemahaman, model pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2018 08:27
Last Modified: 09 May 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61116

Actions (login required)

View Item View Item