PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (KJD) DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

Makrifah, Inayati (2018) PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (KJD) DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13520241075-Naskah TAS_Inayati M.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa portal elearning dan course bernama “Mendesain Jaringan Lokal” untuk mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar (KJD) di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo, (2) mengetahui tingkat kelayakan portal e-learning dan course yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunaan metode penelitian Research and Development for Education (R&D for Education). Model pengembangan yang dilakukan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Lee dan Owens (2004), yaitu meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sumber data yang dikumpulkan berasal dari data yang diperoleh pada tahap Development dan Implementation. Pada tahap itu, dilakukan uji alpha testing dan beta testing terhadap produk yang dikembangkan. Alpha testing dilakukan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Adapun beta testing dilakukan terhadap 35 siswa program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebuah e-learning bernama ELSWA dan course “Mendesain Jaringan Lokal” untuk mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar (KJD) pada Kompetensi Dasar 3.15 dan 4.15 telah dikembangkan di SMK SW Tegalrejo, (2) hasil evaluasi kelayakan e-learning dari segi materi dinyatakan dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 4,64, dari segi media dinyatakan dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 4,48, serta aspek usability dari sisi pengguna dinyatakan dalam kategori layak dengan skor rata-rata 4,01.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, course, ADDIE, Komputer dan Jaringan Dasar (KJD), alpha testing, beta testing.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61110

Actions (login required)

View Item View Item