PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK UNTUK SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Fatimah, Dwi Sari (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK UNTUK SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah_.Dwi Sari Fatimah_14520241024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menciptakan sebuah multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak di SMK N 1 Bantul yang akan digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak di SMK N 1 Bantul yang akan digunakann dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakkan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran pengambilan gambar bergerak menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 1 pendidik mata pelajaran pengambilan gambar bergerak sebagai ahli media dan ahli materi, 1 ketua jurusan program keahlian multimedia di SMK N 1 Bantul sebagai ahli materi dan 1 praktisi IT jurusan pendidikan elektronika dan informatika untuk ahli media, serta peserta didik kelas XII Multimedia SMK N 1 Bantul sebagai responden. Objek penelitian ini berupa multimedia pembelajaran interaktif. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan multimedia pembelajaran interaktif meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan multimedia pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak dibuat menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6; (2) multimedia pembelajaran interaktif tersebut masuk dalam kategori sangat layak digunakan dengan penilaian tingkat kelayakan media berdasarkan aspek kemudahan navigasi sebesar 87.5%, Integrasi media dengan persentase 87.5%, kemudian Aartistik dan Estetika sebesar 93.75% dan Fungsi Keseluruhan sebesar 90.63%. Untuk total rata-rata presentase dari 4 aspek tersebut adalah 89.84%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, pengambilan gambar bergerak
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61109

Actions (login required)

View Item View Item