UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS XI TKJ A DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Gusnanto, Muhammad Arfan (2018) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS XI TKJ A DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Rancang Bangun Jaringan siswa kelas XI TKJ A SMK Negeri 2 Klaten dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ A berjumlah 35 siswa Tahun Akademik 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar yang dilakukan pada akhir siklus. Metode untuk analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan model pembelajaran Problem Based Lrearning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ A pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan di SMK Negeri 2 Klaten. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat pada masing-masing siklusnya. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 62.14%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75%. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus 28.57%, kemudian mengalami kenaikan di siklus I menjadi 62.86%, dan 85.71% di siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PTK, Problem Based Learning, aktivitas, hasil belajar, Rancang Bangun Jaringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61107

Actions (login required)

View Item View Item