Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment dengan Model Problem Based Learning Berorientasi pada Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Salsabila, Nilza Humaira (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment dengan Model Problem Based Learning Berorientasi pada Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Thesis_Nilza Humaira Salsabila_16709251026-compressed.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis edutainment dengan model problem based learning pada materi statistika kelas VIII SMP berorientasi pada pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Media berupa game smartphone berjudul STATIC. Pengembangan media pembelajaran Game STATIC dilakukan berdasarkan pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap pertama mencakup analisis awal penelitian. Tahap kedua, perancangan awal media. Tahap ketiga, pembuatan media berdasarkan rancangan dan melakukan validasi serta uji coba. Tahap keempat, melakukan uji coba kelompok besar untuk memperoleh data. Tahap kelima, evaluasi untuk menentukan kelayakan. Kualitas media yang dikembangkan mencakup aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Game STATIC memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil penilaian validasi dari ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa media valid dan layak digunakan untuk pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, media dinyatakan praktis dengan skor sebesar 61 dan 53,27 dari skor maksimum 70. Hasil efektivitas pada tes pemahaman konsep menunjukkan bahwa 76% siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Selain itu hasil minat belajar siswa menunjukkan 82% siswa mencapai minat klasifikasi tinggi. Oleh karena itu, media Game STATIC dinyatakan efektif digunakan untuk pembelajaran matematika berorientasi pada pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Edutainment, Game, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Minat Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:14
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61103

Actions (login required)

View Item View Item