Pengembangan Video Pembelajaran IPA berbasis Potensi Lokal Gerebah dan Mebel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik SMP

Setyawati, Anis (2018) Pengembangan Video Pembelajaran IPA berbasis Potensi Lokal Gerebah dan Mebel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_ANIS SETYAWATI.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis potensi lokal gerabah dan mebel yang layak untuk pembelajaran pada materi “Sifat Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-hari”, dan (2) mengetahui keefektifan produk yang dihasilkan untuk meningkatkan keterampilan bepikir kritis dan sikap kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974: 5) yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) Define yang bertujuan untuk menetapkan dan mendefinisikan video pembelajaran yang dikembangkan, (2) Design untuk merancang draf video pembelajaran yang berupa video pembelajaran IPA berbasis potensi lokal gerabah dan mebel dengan format .MP4, merancang konsep video dan mengobservasi potensi lokal yang ada di Klaten, (3) Develop yaitu menghasilkan produk pengembangan yang telah direvisi berdasarkan ahli materi, ahli media, guru IPA SMP, dan respon siswa, dan (4) Disseminate yaitu dilakukan di tiga sekolah di kabupaten Klaten dengan tujuan memudahkan siswa dalam belajar sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada potensi lokal gerabah dan mebel. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Delanggu, SMP Negeri 1 Wedi, dan SMP Negeri 1 Prambanan. Subjek uji coba terbatas produk video pembelajaran IPA dalam penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 9, subyek uji coba produk berjumlah 192. Penelitian ini menggunakan instrumen angket, soal, dan lembar observasi Data kualitatif dalam penelitian ini adalah saran dan masukan dari validator, respon peserta didik, dan hasil observasi ketelaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berupa nilai tes keterampilan berpikir kritis dan hasil angket sikap kewirausahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, gain score, dan uji signifikansi dengan One Way Manova. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Video yang dikembangakan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berbasis potensi lokal menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA dengan kategori sangat layak. (2) Video yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap kewirausahaan peserta didik dengan p value 0,000 < α 0,05. Kata Kunci: video, pembelajaran IPA, potensi lokal, keterampilan berpikir kritis, sikap kewirausahaan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:52
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61091

Actions (login required)

View Item View Item