Pemetaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kota Banjarbaru

Azizah, Fatya (2018) Pemetaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kota Banjarbaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah, mendeskripsikan kecemasan matematika, mengetahui hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika, serta mendeskripsikan pemetaan kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika siswa kelas VIII SMP di Kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Subjek penelitian ini terdiri dari 376 siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Banjar yang berasal dari 15 sekolah yang ditentukan dengan stratified random sampling. Sekolah-sekolah tersebut diketagorikan dengan strata tinggi untuk sekolah dengan status akreditasi A sebanyak sembilan buah, strata sedang untuk sekolah dengan status akreditasi B sebanyak tiga buah, dan strata rendah untuk sekolah dengan status tidak terakreditasi sebanyak tiga buah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari lima butir soal uraian dan angket kecemasan matematika yang terdiri dari sepuluh butir pernyataan. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yaitu analisis regresi dan analisis profil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 376 siswa yang dijadikan subjek penelitian secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kategori cukup. Berdasarkan masing-masing indikator, kemampuan pemecahan masalah rata-rata siswa termasuk dalam kategori tinggi untuk indikator memahami masalah, kategori cukup untuk indikator mendapatkan jawaban, dan kategori rendah untuk indikator mengkonfirmasi jawaban. Secara umum siswa kelas VIII SMP di Kota Banjarbaru memiliki kecemasan matematika dalam kategori menengah. Berdasarkan masing-masing aspek, kecemasan matematika rata-rata siswa termasuk dalam kategori menengah untuk aspek motorik, somatik, sikap maupun kognitif. Kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika memiliki hubungan yang linear dan tidak lemah, memiliki nilai koefisien determinasi (

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:10
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61090

Actions (login required)

View Item View Item