Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Profesionalisme Guru terhadap Efektivitas Sekolah di MAN se-Kabupaten Bantul,DIY

Agustin, Erny Widiyah (2018) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Profesionalisme Guru terhadap Efektivitas Sekolah di MAN se-Kabupaten Bantul,DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erny widiyah agustin-16703251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kualitas kepemimpinan kepala sekolah, (2) iklim organisasi yang terjadi, (3) tingkat profesionalisme guru, (4) tingkat efektivitas sekolah, (5) struktural hubungan antara variabel yang mempengaruhi efektivitas sekolah secara empiris, (6) hubungan langsung dan tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas sekolah, (7) hubungan langsung dan tidak langsung iklim organisasi dengan efektivitas sekolah, (8) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah, (9) pengaruh iklim organisasi terhadap efektivitas sekolah, (10) pengaruh profesionalisme guru terhadap efektivitas sekolah, (11) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah melalui profesionalisme guru, (12) pengaruh iklim organisasi terhadap efektivitas sekolah melalui profesionalisme guru, dan (13) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan profesionalisme guru secara bersama- sama terhadap efektivitas sekolah di MAN se-Kabupaten Bantul, DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian dilaksanakan di semua MAN Bantul yang terdiri dari 4 sekolah/ madrasah, menggunakan dua responden yaitu guru dan siswa. Sampel guru sama dengan populasinya (sampling jenuh) yaitu 46 responden guru kelas XII mata pelajaran IPA dan IPS, sedangkan sampel siswa diambil secara random dari populasi 652 siswa kelas XI IPA dan XI IPS menjadi 242 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan pengujian hipotesis dengan teknik analisis jalur atau Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas kepemimpinan kepala sekolah telah mencapai 80% untuk responden guru, dan 83% untuk responden siswa; (2) iklim organisasi yang terjadi telah mencapai 81% untuk responden guru, dan 86% untuk responden siswa; (3) tingkat profesionalisme guru telah mencapai 80% untuk responden guru, dan 89% untuk responden siswa; (4) tingkat efektivitas sekolah telah mencapai 81% untuk responden guru, dan 86% untuk responden siswa; (5) hubungan antara variabel yang mempengaruhi efektivitas sekolah terbukti secara empiris; (6) terdapat hubungan langsung kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas sekolah sebesar 0,205 untuk responden guru dan 0,190 untuk responden siswa dan hubungan tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas sekolah melalui profesionalisme guru yaitu hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru sebesar 0,330 untuk responden guru dan 0,416 untuk responden siswa, dan hubungan profesionalisme guru dengan efektivitas sekolah sebesar 0,434 untuk responden guru, dan 0,500 untuk responden siswa; (7) terdapat hubungan langsung iklim organisasi dengan efektivitas sekolah sebesar 0,218 untuk responden guru, dan 0,168 untuk responden siswa, dan terdapat hubungan tidak langsung iklim organisasi dengan efektivitas sekolah melalui profesionalisme guru yaitu hubungan iklim organisasi dengan profesionalisme guru sebesar 0,429 untuk responden guru dan 0,477 untuk responden siswa, dan hubungan profesionalisme guru dengan efektivitas sekolah sebesar 0,434 untuk responden guru, dan 0,500 untuk responden siswa; (8) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah sebesar 35,5% untuk responden guru, dan 47,9% untuk responden siswa; (9) pengaruh antara iklim organisasi terhadap efektivitas sekolah sebesar 41,4% untuk responden guru, dan 48,1% untuk responden siswa; (10) pengaruh profesionalisme guru terhadap efektivitas sekolah sebesar 51,7% untuk responden guru, dan 60,1% untuk responden siswa, (11) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah melalui profesionalisme guru sebesar 20,3% untuk responden guru, dan 34,7% untuk responden siswa, (12) pengaruh iklim organisasi terhadap efektivitas sekolah melalui profesionalisme guru sebesar 26,8% untuk responden guru, dan 36,4% untuk responden siswa, dan (13) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan profesionalisme guru secara bersama- sama terhadap efektivitas sekolah sebesar 57,4% untuk responden guru, dan 63,5% untuk responden siswa. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, profesionalisme guru, efektivitas sekolah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:19
Last Modified: 08 Dec 2022 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61088

Actions (login required)

View Item View Item