PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Defriansyah, Defriansyah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Defriansyah_14520249003_TAS.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kompetensi keahlian teknik komputer jaringan SMK Nasional Berbah, Sleman; (2) mengimplementasikan media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk keahlian terknik komputer jaringan SMK Nasional Berbah, Sleman; (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi perakitan dan perawatan komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Davelopment) dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahapan prosedur pengembangan penelitian, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi perakitan dan perawatan komputer jurusan teknik komputer jaringan SMK Nasional Berbah, Sleman. Objek penelitian adalah media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket modifikasi skala likert dengan lima pilihan jawaban yang digunakan untuk memperoleh data tingkat kelayakan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dapat menjadi variasi media untuk pembelajaran, (2) media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terdiri dari materi perakitan dan perawatan komputer, video animasi perakitan komputer, video perakitan dan perawatan komputer, dan kuis pilihan ganda terdiri dari kuis perakitan komputer dan perawatan komputer dapat digunakan untuk belajar secara mandiri maupun bersama guru, (3) tingkat kelayakan media pembelajaran ditinjau dari: (a) aspek media dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli media 1 dengan persentase 92.17%, dan ahli media 2 dengan persentase 96,52%; (b) aspek materi dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli materi 1 dengan persentase 92,73%, dan ahli materi 2 dengan persentase 86,36%; (c) penilaian pengguna atau siswa memperoleh persentase sebesar 86,42% dengan kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Interaktif, komputer dan jaringan dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61082

Actions (login required)

View Item View Item