STUDI KASUS TENTANG PERILAKU MENARIK DIRI PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS 5 DI SD N WIDORO KABUPATEN KULONPROGO

Medyasasi, Medyasasi (2018) STUDI KASUS TENTANG PERILAKU MENARIK DIRI PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS 5 DI SD N WIDORO KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Medyasasi_13103241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang perilaku menarik diri pada anak berkesulitan membaca kelas 5 di SD N Widoro kabupaten Kulonprogo. Aspek yang diteliti yaitu perilaku menarik diri anak, faktor penyebab perilaku menarik diri, dan dinamika psikologis anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SD N Widoro kabupaten Kulonprogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca yang dialami subjek berdampak pada interaksi sosial subjek yang sulit dilakukan pada teman dan gurunya. Kesulitan membaca memunculkan perilaku menarik diri yang disertai rasa malu. Perilaku tersebut hanya muncul di sekolah sedangkan bila dirumah subjek merasa lebih superior dibandingkan adik dan orangtuanya. Faktor yang menyebabkan munculnya perilaku menarik diri adalah teman sebaya yang mengasingkan subjek dan hubungan yang kurang harmonis antara subjek dengan orangtua sehingga subjek kurang kasih sayang. Dinamika psikologis subjek berkenaan dengan perubahan perilaku dan kestabilan emosi, serta masalah motivasi yang kurang baik dari sekolah terutama di dalam lingkungan keluarga. Ketika di dalam kelas saat pelajaran berlangsung maka subjek akan terlihat gelisah dan tidak tenang, sedangkan apabila di rumah subjek mudah marah dan terkadang bisa saja membanting barang-barang jika keinginan subjek tidak dituruti oleh ibunya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61013

Actions (login required)

View Item View Item