PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI BERMAIN PERAN JUAL BELI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN, D.I YOGYAKARTA

Khoirunisa, Wulandari (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI BERMAIN PERAN JUAL BELI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN, D.I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Khoirunisa Wulandari_11103244039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan kemampuan menggunakan uang pada anak tunagrahita kategori ringan kelas VII melalui kegiatan bermain peran jual beli di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa tunagrahita kelas VII berjumlah dua anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain peran jual beli dapat meningkatkan kemampuan menggunakan uang bagi anak tunagrahita kategori ringan kelas VII di SLB Negeri 1 Sleman. Anak lebih antusias dalam menerima pembelajaran, konsentrasi anak tidak mudah beralih, dan respon anak terhadap guru selama pembelajaran lebih baik. Hasil peningkatan yang diperoleh pada tes pra tindakan Aj memperoleh nilai 47 meningkat menjadi 70 pasca tindakan siklus I dan meningkat lagi menjadi 89 pasca tindakan siklus II. Ft memperoleh nilai 39 meningkat menjadi 63 pasca tindakan siklus I dan meningkat lagi menjadi 85 pasca tindakan siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:42
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61006

Actions (login required)

View Item View Item