Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri di Kota Ternate

Devi, Mentari Gayatri (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri di Kota Ternate. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS MENTARI GAYATRI DEVI.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) ada atau tidaknya perbedaan kemampuan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Sains Teknologi Masyarakat pada materi larutan penyangga; (2) ada atau tidaknya perbedaan sikap ilmiah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Sains Teknologi Masyarakat pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh SMA Negeri di Kota Ternate jurusan IPA. Sampel penelitian diambil dengan cara cluster random sampling. Sampel didapatkan dua kelas. Kelas XI MIA-3 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan XI MIA-4 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol yang menerima perlakuan penggunaan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan kemampuan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Sains Teknologi Masyarakat pada materi larutan penyangga; (2) ada perbedaan sikap ilmiah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Sains Teknologi Masyarakat pada materi larutan penyangga. Kata kunci:sains teknologi masyarakat, kemampuan literasi sains, sikap ilmiah. larutan penyangga.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:07
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61003

Actions (login required)

View Item View Item