PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Kartika, Wahyu Slamet Kuncoro (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Kartika Wahyu Slamet Kuncoro_13103241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran berbasis power point interaktif terhadap prestasi belajar matematika Siswa Tunarungu kelas 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’ yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek penelitian ini adalah Siswa Tunarungu kelas 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman berjumlah 5 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis power point interaktif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika Siswa Tunarungu kelas 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Hal ini ditunjukkan dari ketercapaian prestasi belajar siswa Tunarungu pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari fase baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Fase baseline 1 dilakukan sebanyak 3 kali sesi, fase intervensi dilakukan sebanyak 3 kali sesi dan fase baseline 2 dilakukan sebanyak 2 kali sesi. Meskipun peningkatan skor tidak terjadi secara signifikan, namun dapat dilihat bahwa grafik dari fase baseline 1 sampai pada fase baseline 2 menunjukkan peningkatan ke arah positif dengan jumlah skor yang lebih baik. Tingkat perubahan pada fase baseline 1 sebesar + 2,67 yaitu dari 44,00 menjadi 46,67. Jejak data pada fase baseline 1 hasilnya meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan data pada satu sesi ke sesi selanjutnya sehingga menghasilkan grafik yang meningkat (ke arah positif). Tahap baseline 1 memiliki rentang dari 44,00 menjadi 46,67 yang merupakan jarak dari data poin pertama (44,00) dengan data poin terakhir (46,67).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60999

Actions (login required)

View Item View Item