KEEFEKTIFAN PERMAINAN BOWLING MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS VI DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Karlina, Nur Hastuti (2018) KEEFEKTIFAN PERMAINAN BOWLING MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS VI DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Karlina Nur Hastuti_14103241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar siswa cerebral palsy tipe spastik kelas VI di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan desain one group pretest and posttests design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa cerebral palsy tipe spastik kelas VI di SLB Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam tabel dan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada nilai posttest setelah diberikan treatment permainan bowling. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan motorik kasar pada siswa terkait aspek kekuatan, keseimbangan dan ketepatan. Hasil yang diperoleh masing-masing subjek dalam peningkatan nilai yakni pada subjek T mengalami peningkatan nilai sebesar 64 menjadi 89 dengan kriteria sangat baik dan subjek P mengalami peningkatan nilai sebesar 51 menjadi 60 dengan kriteria cukup. Peningkatan nilai tersebut telah menunjukkan adanya perubahan yang baik dan telah menunjukkan kemajuan terhadap motorik kasar terkait aspek kekuatan, keseimbangan dan ketepatan. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa permainan bowling modifikasi efektif terhadap kemampuan motorik kasar siswa cerebral palsy tipe spastik kelas VI di SLB Negeri 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60998

Actions (login required)

View Item View Item