PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BALOK HURUF PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB RELABHAKTI I GAMPING

Fajar, Mauludi (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BALOK HURUF PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB RELABHAKTI I GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Fajar Mauludi_13103244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media balok huruf pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas IV SDLB Relabhakti I Gamping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan kolaborasi peneliti dengan guru kelas IV di SLB Relabhakti I Gamping. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SLB Relabhakti I Gamping. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kulitatif dan analisis deskritif kuantitatif. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media balok huruf ditunjukkan dengan siswa mampu mengidentifikasi huruf, mengeja huruf, mengucapkan suku kata dan mengucapkan kata secara utuh secara mandiri. Hasil peningkatan ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setelah diberi tindakan. Subjek FR memperoleh nilai 53,96% pada tes sebelum tindakan, meningkat menjadi 10,06% dengan mendapatkan nilai 64,02% pada tes sesudah tindakan I, dan meningkat 32,81% dengan mendapatkan nilai 86,77% pada tes sesudah tindakan siklus II. Penggunaan media balok huruf dapat menarik perhatian siswa saat pembelajaran sehingga siswa sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran. Media balok huruf juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60992

Actions (login required)

View Item View Item