PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN NILAI UANG MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN TINGKAT SMP DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Eka, Rida Agustin (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN NILAI UANG MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN TINGKAT SMP DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Eka Rida Agustin_14103241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan nilai uang pada peserta didik dengan hambatan intelektual kategori ringan tingkat SMP. Penelitian ini dilakukan di SLB N 1 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain Kemmis Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian dilaksanakan dengan tindakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 2 peserta didik perempuan dengan hambatan intelektual kategori ringan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan penggunaan nilai uang berdasarkan hasil tes. Hasil tindakan siklus II masing-masing subjek mengalami peningkatan dalam membedakan, menunjukkan, menyebutkan, menuliskan, dan mensimulasikan kegiatan menabung, sehingga tindakan diberhentikan karena sudah mencapai indikator keberhasilan. Peningkatan penggunaan nilai uang peserta didik dengan hambatan intelektual kategori ringan ditunjukkan dengan subjek R meningkat 24,11% dan subjek H meningkat 22,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60990

Actions (login required)

View Item View Item