PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MEMBATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB RELA BHAKTI GAMPING I

Arum, Cahyaningsih (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MEMBATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB RELA BHAKTI GAMPING I. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Arum Cahyaningsih_13103241052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni budaya dan keterampilan membatik meliputi persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Peneliti tertarik meneliti masalah ini karena di SLB Rela Bhakti Gamping I diajarkan keterampilan membatik guna melestarikan kebudayaan selain itu sebagai bekal hidup anak di masa depan untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SLB Rela Bhakti Gamping I dengan subjek dua siswa tunagrahita ringan dan seorang guru pendamping pembelajaran seni budaya dan keterampilan membatik. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrument pengumpulan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan lembar dokumentasi. Kredibilitas dan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni budaya dan keterampilan membatik telah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa tunagrahita yang memiliki keterbatasan kognitif serta tidak mampu berfikir abstrak. Pelaksanaan pembelajaran seni budaya dan keterampilan di SLB Rela Bhakti Gamping I meliputi persiapan pembelajaran yaitu penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan sebagai pedoman oleh guru, tahapan pelaksanaan pembelajaran yaitu kegiatan proses pelaksanaan membatik yang dilakukan oleh siswa tunagrahita di SLB Rela Bhakti Gamping I dan proses evaluasi hasil belajar pembelajaran seni budaya dan keterampilan membatik yang berupa evaluasi non tes yaitu dengan evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:18
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60987

Actions (login required)

View Item View Item