EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT BENDA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI SISWA TUNANETRA KELAS III DI SLB YAKETUNIS YOGYAKARTA

Arry, Adiatma (2018) EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT BENDA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI SISWA TUNANETRA KELAS III DI SLB YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Arry Adiatma_12103241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep sifat benda dan perubahan wujud benda pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa tunanetra kelas III di SLB Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pre test and post test design. Lokasi penelitian berada di SLB Yaketunis Yogyakarta dengan siswa tunanetra kelas III sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar sebagai teknik pengumpulan data, dan menggunakan validitas isi sebagai validitas instrumennya. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik nonparametrik tes ranking bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah penggunaan metode eksperimen efektif terhadap hasil belajar siswa tunanetra dalam memahami sifat benda dan perubahan wujud benda, yang ditunjukkan melalui hasil pengujian -T(hitung) ≤ -T(tabel), dan berarti bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Setiap subjek mengalami peningkatan nilai sebesar 33% dan 24%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60986

Actions (login required)

View Item View Item