Frimadani, Desy Dwi (2018) Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Adversity Quotient (AQ) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aljabar Siswa SMP Kelas VIII di Kabupaten Banyumas. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
TESIS_Desy Dwi Frimadani_16709251050.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan kategori kemampuan pemahaman konsep, adversity quotient, kemampuan pemecahan masalah matematika dan hubungan antara kemampuan pemahaman konsep dan adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aljabar siswa SMP di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII dari 159 sekolah di Kabupaten Banyumas pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20.596. Dalam penelitian ini diambil 422 siswa sebagai sampel dengan proportional stratified random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan soal tes berupa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika yang masing-masing tes berjumlah 8 soal dan angket adversity quotient siswa yang terdiri dari 32 item pernyataan. Instrumen telah divalidasi oleh dua ahli. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menghitung estimasi titik dan estimasi rata-rata untuk mengetahui kategori kemampuan pemahaman konsep, adversity quotient dan pemecahan masala, dan melakukan uji regresi ganda untuk mengetahui hubungan kemampuan pemahaman konsep dan adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa SMP di Kabupaten Banyumas memiliki kemampuan pemahaman konsep pada kategori sedang, baik pada sekolah strata tinggi, sedang maupun, (2) tingkat kemampuan adversity quotient siswa SMP di Kabupaten Banyumas termasuk pada kategori sedang, baik pada sekolah strata tinggi, sedang maupun rendah, (3) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kategori sedang, baik pada sekolah strata tinggi, sedang dan rendah, (4) ada korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah matematika ditunjukan oleh koefisien regresi R=0,500. Dengan koefisien determinasi R =0,250 berarti pengaruh pemahaman konsep dan adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah hanya sebesar 25%. Ini menunjukan mashi ada faktor-faktor lain yang menyumbang kemampuan pemecahan masalah sebesar 75%. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Adversity Quotient, Kemampuan Pemecaha Masalah
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 08:25 |
Last Modified: | 08 May 2019 03:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |