Pengembangan Multimedia Learning Module (MLM) Berbasis Kearifan Lokal (Rorodaan) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Verbal Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA

Pamungkas, Johan (2018) Pengembangan Multimedia Learning Module (MLM) Berbasis Kearifan Lokal (Rorodaan) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Verbal Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
16726251005_Johan Pamungkas_Tesis.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia learning module (MLM) berbasis kearifan lokal rorodaan yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan MLM berbasis kearifan lokal rorodaan dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan verbal peserta didik. Materi fisika yang digunakan pada rorodaan mengacu pada dinamika gerak yaitu hukum Newton. Metode penelitian ini berdasarkan pada model pengembangan ADDIED yaitu analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 untuk uji coba terbatas, 305 peserta didik kelas XI IPA dari beberapa SMAN Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 untuk uji empiris, dan 88 peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan representasi diagram dan verbal peserta didik. Instrumen non tes berupa angket penilaian kelayakan produk, angket telaah instrumen tes dan angket respons peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan produk menggunakan skala baku, sedangkan kevalidan instrumen soal dengan Aiken V dan analisis butir pada partial credit model (PCM) menurut teori respons butir (IRT). Teknik analisis uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan verbal peserta didik menggunakan generalized linear model (GLM) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk MLM berbasis kearifan lokal rorodaan yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan pada penilaian materi dan media menurut ahli, praktisi dan teman sejawat dengan kategori sangat baik, butir instrumen tes memenuhi kriteria valid menurut ahli, praktisi, teman sejawat, dan reliabel sesuai teori respons butir pada partial credit model, dan (2) produk MLM berbasis kearifan lokal rorodaan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi diagram dan verbal peserta didik dengan nilai partial eta square (sumbangan efektif) sebesar 79% dan 64% yang lebih besar daripada menggunakan modul cetak rorodaan dan modul cetak yang biasa digunakan guru. Kata Kunci: multimedia learning module, kearifan lokal (rorodaan), kemampuan representasi diagram, kemampuan representasi verbal.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:41
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60957

Actions (login required)

View Item View Item