Keefektifan Metode Pembelajaran Inquiry dan Problem based learning terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan

Putra, Upang Septa (2018) Keefektifan Metode Pembelajaran Inquiry dan Problem based learning terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS UPANG SEPTA PUTRA (16727251004) Pendidikan Geografi 2016 PDF.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keefektifan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan metode Inquiry dan siswa yang menggunakan metode PBL di SMA Negeri di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. (2) Perbedaan keefektifan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan metode PBL dan siswa yang menggunakan metode Inquiry pada kelompok gaya belajar visual. (3) Perbedaan keefektifan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan metode Inquiry dan siswa yang menggunakan metode PBL pada kelompok gaya belajar auditori. (4) Interaksi metode pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar geografi pada siswa SMA di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental, dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X IPS di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dan terpilih siswa kelas X IPS 3 dengan jumlah 33 orang yang diberikan perlakuan dengan menggunakan metode inquiry, dan siswa kelas X IIS 2 dengan jumlah 35 orang yang diberikan perlakuan dengan menggunakan metode PBL. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket gaya belajar. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan mengunakan Anava dua jalur dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode inquiry dan metode PBL. Hasil belajar dengan menggunakan metode PBL memperoleh nilai rerata N gain sebesar 0,65 lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari pada menggunakan metode inquiry yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,54, dengan taraf signifikansi 0.008. (2). Pada siswa dengan gaya belajar visual, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan metode PBL dan yang menggunakan metode inquiry. Hasil belajar dengan menggunakan metode PBL pada mendapatkan nilai rata-rata 0.79 lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari pada metode inquiry yang mendapatkan nilai rata-rata 0.53 pada kelompok gaya belajar visual. (3) Pada siswa dengan gaya belajar auditori, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar dengan metode inquiry dan yang menggunakan metode PBL. Hasil belajar dengan menggunakan metode inquiry memperoleh nilai rerata 0.57 tidak lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dari pada metode PBL yang mendapatkan nilai rerata 0.55 pada kelompok gaya belajar auditori. (4) Terdapat interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan gaya belajar siswadalam meningkatkan hasil belajar geografi. Kata Kunci : Inquiry, Problem-Based Learning, Gaya Belajar, Geografi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:33
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60952

Actions (login required)

View Item View Item