Pengaruh Program Praktik Kerja Industri dan Unit Produksi Sekolah Terhadap Pengembangan Kompetensi dan Kesiapan Kerja Siswa SMK Di Kota Makassar

Dewi, Shabrina Syntha (2018) Pengaruh Program Praktik Kerja Industri dan Unit Produksi Sekolah Terhadap Pengembangan Kompetensi dan Kesiapan Kerja Siswa SMK Di Kota Makassar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shabrina syntha dewi-16702251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap seberapa besar pengaruh praktik kerja industri dan unit produksi sekolah terhadap pengembangan kompetensi siswa SMK di kota Makassar secara parsial, (2) mengungkap seberapa besar pengaruh praktik kerja industri dan unit produksi sekolah terhadap pengembangan kompetensi siswa SMK di kota Makassar secara simultan, (3) mengungkap seberapa besar pengaruh praktik kerja industri dan unit produksi sekolah terhadap pengembangan kompetensi siswa dan kesiapan kerja siswa SMK di kota Makassar secara parsial, dan (4) mengungkap seberapa besar pengaruh praktik kerja industri dan unit produksi sekolah terhadap pengembangan kompetensi siswa dan kesiapan kerja siswa SMK di kota Makassar secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII di kota Makassar yang telah melaksanakan praktik kerja industri pada kompetensi keahlian yang memiliki unit produksi sekolah yaitu sebanyak 616 siswa dari sepuluh sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 237 siswa dengan taraf kesalahan 5% atau 0,05. Pengumpulan data dilakukan dengan mengguunakan angket dan dokumentasi yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskodasititas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan program praktik kerja industri terhadap pengembangan kompetensi dengan kontribusi sebesar 25,7% dan terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan unit produksi sekolah terhadap pengembangan kompetensi dengan kontribusi sebesar 17,3%; (2) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan program praktik kerja industri dan unit produksi sekolah secara simultan tehadap pengembangan kompetensi siswa SMK dengan kontribusi sebesar 36,4%; (3) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan program praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi sebesar 22,3%, dan terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan unit produksi sekolah terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi sebesar 15,7%, serta terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara pengembangan kompetensi terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi sebesar 27,6%; (4) program praktik kerja industri, unit produksi sekolah dan pengembangan kompetensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi sebesar 61,9%. Kata kunci: praktik kerja industri, unit produksi sekolah, kompetensi, kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 29 Oct 2018 08:45
Last Modified: 18 Aug 2022 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60931

Actions (login required)

View Item View Item