Pengaruh Keyakinan Siswa tentang Matematika pada Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di Kabupaten Sleman

Dianita, Ni Kadek (2018) Pengaruh Keyakinan Siswa tentang Matematika pada Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Full - Kadek-compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kepercayaan siswa terhadap matematika pada kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri pada siswa kelas VII di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan desain penelitian kuantitatifkorelasional melalui analisis jalur. Sampel penelitian ini adalah 387 siswa kelas VII di Kabupaten Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal esai untuk variabel kemampuan pemecahan masalah, lembar soal pilihan ganda untuk kemampuan berpikir kritis, dan angket untuk kepercayaan siswa terhadap matematika dan kepercayaan diri. Analisis data menggunakan analsis dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepercayaan siswa terhadap matematika mempengaruhi secara signifikan pada kepercayaan diri siswa, (2) kepercayaan siswa terhadap matematika mempengaruhi secara signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa, (3) kepercayaan siswa terhadap matematika berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir kritis, (4) kepercayaan siswa terhadap matematika melalui kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan pada kemampuan pemecahan masalah, (5) kepercayaan siswa terhadap matematika melalui kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir kritis, (6) kepercayaan siswa terhadap matematika melalui melalui kemampuan pemecahan masalah berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir kritis, (7) kepercayaan siswa terhadap matematika melalui melalui kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir kritis, (8) kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan pada kemampuan pemecahan masalah, (9) kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir krits, (10) kepercayaan diri melalui kemampuan pemecahan masalah berpengaruh signifikan pada kemampuan berpikir krits, (11) kemampuan pemecahan masalah berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir kritis, (12) kepercayaan siswa terhadap matematika dan kepercayaan diri secara bersama-sama berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah, (13) kepercayaan siswa terhadap matematika, kepercayaan diri, dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: kepercayaan siswa terhadap matematika, kepercayaan diri, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Oct 2018 07:12
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60923

Actions (login required)

View Item View Item