Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Strategi Episodic Mapping untuk Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA

Susetya, Hemas Haryas Harja (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Strategi Episodic Mapping untuk Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Hemas Haryas Harja Susetya.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan. Pertama, mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dan guru yang terkait pembelajaran menulis teks cerpen. Kedua, mengembangkan produk media pembelajaran yang sesuai dengan analisis kebutuhan. Ketiga, memvalidasikan produk awal media kepada ahli. Keempat, melakukan uji coba produk media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah model pengembangan Borg & Gall, yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan beberapa produk awal, dan (4) uji coba. Subjek uji coba lapangan 88 peserta didik. Data dikumpulkan dengan: (1) angket analisis kebutuhan melalui wawancara, observasi, dan angket; (2) angket validasi ahli; (3) angket uji coba produk untuk mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran menulis cerpen yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) Kebutuhan meliputi ketersediaan media pembelajaran menulis cerpen yang baru, menarik, tepat, memudahkan dan memotivasi peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran menulis cerpen. Kelemahan peserta didik adalah kurang mampu dalam menemukan dan mengembangkan ide menjadi beberapa paragraf yang baik. Keinginan guru dan peserta didik yaitu adanya media pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam menulis cerpen. (2) Produk pengembangan multimedia interaktif ini terdiri dari materi teks cerpen. Strategi episodic mapping ini benar-benar dapat membantu siswa mengembangkan ide karena dalam episodic mapping ini siswa dituntun untuk menentukan unsur intrinsik dalam cerpen. (3) Hasil validasi ahli materi terhadap produk multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping pada kategori “baik” dengan skor rata-rata 4,07; validasi ahli media terhadap produk multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping pada kategori “baik” dengan skor rata-rata 4,00; dan validasi pengguna terhadap multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping pada kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,40. (4) Produk akhir memenuhi kualifikasi kelayakan produk yang ditunjukkan dengan hasil angket respon peserta didik bahwa multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping yang dikembangkan pada aspek kualitas tampilan pada kategori “baik” dengan skor 3,78, pada aspek kualitas penyajian produk dengan kategori “baik” skor 3,97, dan manfaat produk dengan skor 4,17 kategori “baik”. Dari hasil validasi multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping untuk pembelajaran menulis cerpen sangat membantu siswa dalam menulis cerpen. Multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping ini bisa menjadi salah satu alternatif sumber belajar dalam menulis cerpen. Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, strategi episodic mapping, menulis cerpen.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:22
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60915

Actions (login required)

View Item View Item