Peningkatan Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Memahami Teks Berita dengan Metode SQ3R Siswa Kelas VIII MTs Negeri Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018

Harwati, Rina (2018) Peningkatan Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Memahami Teks Berita dengan Metode SQ3R Siswa Kelas VIII MTs Negeri Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. S2 thesis, UNY.

[img] Text
RINA HARWATI 16715251039-compressed.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kebiasaan membaca, proses pembelajaran, dan kemampuan memahami teks berita dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas VIIIA MTs Negeri 7 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri atas empat tahap yakni 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi terhadap tindakan dalam setiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 7 Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA, sedangkan objek penelitiannya kebiasaan membaca dan kemampuan memahami teks berita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi, daftar pertanyaan wawancara, angket, dan soal tes. Validitas data dalam penelitian ini ditempuh dengan validitas hasil, validitas proses, validitas demokratik, dan validias dialogis, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif menggunakan program excel. Sementara itu, teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis induktif yang terdiri atas tiga langkah yakni organisasi, deskripsi, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode SQ3R pada setiap siklus terlihat adanya peningkatan kebiasaan membaca dan kemampuan memahami teks berita pada siswa kelas VIIIA MTs Negeri 7 Bantul. Pada siklus 1 kebiasaan membaca mencapai 70%, sedangkan kebiasaan membaca pada siklus 2 mencapai 100%. Keberhasilan memahami teks berita pada siklus 1 mencapai 66,79% dan pada siklus 2 mencapai 80%. Kata Kunci : kebiasaan membaca, kemampuan memahami teks berita, metode SQ3R.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 26 Oct 2018 02:57
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60896

Actions (login required)

View Item View Item