Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Aksara Jawa melalui Bermain Kartu Huruf Hanacaraka Pada Siswa Kelas 6 di SD 2 Wijirejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Rahayu, Nining (2018) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Aksara Jawa melalui Bermain Kartu Huruf Hanacaraka Pada Siswa Kelas 6 di SD 2 Wijirejo Tahun Pelajaran 2016/2017. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Nining Rahayu 12712251041-compressed.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Aksara Jawa melalui bermain kartu huruf Hancaraka pada siswa kelas 6 di SD 2 Wijirejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 SD 2 Wijirejo. Objeknya adalah berupa kemampuan membaca dan menulis Aksara Jawa melalui bermain kartu huruf Hanacaraka. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan soal tes kemampuan membaca dan menulis Aksara Jawa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan memanfaatkan kartu huruf Hanacaraka dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis Aksara Jawa mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar dengan bermain kartu huruf Hanacaraka. Peningkatan kemampuan membaca dan menulis Aksara Jawa dibuktikan dengan hasil penilaian membaca dan menulis Aksara Jawa pada siklus I adalah 48 % siswa sudah memenuhi KKM sedangkan 52 % belum memenuhi KKM kemudian pada siklus 2 menjadi 81 % siswa sudah memenuhi KKM dan19 % yang belum memenuhi KKM. Penelitian ini berhasil karena KKM yang diharapkan nilai > 70 dari 75 % jumlah siswa. Kata kunci : kemampuan, membaca, menulis, kartu huruf Hanacaraka

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:27
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60856

Actions (login required)

View Item View Item