Kurniawati, Anis Fajri (2018) Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Program Remedial terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Sikap Kerjasama Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Minggir Sleman. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-anis fajri kurniawati-16725251032.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran tutor sebaya dalam program remedial terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep biologi peserta didik, (2) pengaruh model pembelajaran tutor sebaya dalam program remedial terhadap peningkatan sikap kerjasama peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan quasi-experiment yang menggunakan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Minggir Sleman. Populasi dalam penelitian ini menggunakan target population dengan penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan adalah peserta didik yang belum tuntas KKM pada 2 kelas, yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pemahaman konsep materi sistem reproduksi dan angket sikap kerjasama. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji Independen Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dalam program remedial berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep biologi dan sikap kerjasama peserta didik. Kata kunci : tutor sebaya, program remedial, pemahaman konsep, sikap kerjasama
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 03:08 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 04:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |