Pengembangan Instrumen Literasi Sains Siswa di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara

Atta, Hazlynda Bt (2018) Pengembangan Instrumen Literasi Sains Siswa di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Hazlynda Bt Atta-compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan membaca dan menulis serta membantu dalam perolehan kompetensi-kompetensi yang saling terkait untuk belajar secara efektif dan secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) konstruksi instrumen literasi sains yang dikembangkan, (2) karakteristik instrumen literasi sains yang telah dikembangkan, (3) kualitas instrumen literasi sains yang telah dikembangkan, dan (4) kemampuan literasi sains siswa di kota Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Populasi dari penelitian ini adalah semua SMP Negeri di kota Tarakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak enam sekolah yaitu SMPN 1 Tarakan, SMPN 3 Tarakan, SMPN 6 Tarakan, SMPN 7 Tarakan, SMPN 8 Tarakan, dan SMPN 10 Tarakan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan software Winstep dan SPSS.V16 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen yang dihasilkan adalah instrumen tes literasi sains berupa soal pilihan ganda berjumlah 40 butir soal dan 6 butir soal uraian pada Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Karakteristik instrumen yaitu mengestimasi tingkat kesukaran butir soal. Sebanyak 39 butir soal yang berada pada kategori tingkat kesukaran diterima dan 1 butir soal yang tingkat kesukarannya tidak diterima (tidak sesuai ketentuan tingkat kesukaran butir soal diterima/ditolak yaitu -2 s/d +2). Nilai validitas isi 0,77 dengan kategori tinggi, nilai validitas konstrak sebesar dan nilai estimasi reliabilitas 0,85 dengan kategori tinggi. Kemampuan literasi sains siswa di kota Tarakan pada dimensi pengetahuan diperoleh θ (kemampuan) -1 < θ ≤ 0 dan -2 < θ ≤ -1 dan dimensi proses sains 57,3. Kata Kunci: literasi sains, pengetahuan, dan proses sains.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:51
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60789

Actions (login required)

View Item View Item