MODIFIKASI SISTEM KELISTRIKAN ENGINE KENDARAAN RODA TIGA TOSSA UNTUK MOBIL KITA 13

Saputra, Dhimas Iyan (2017) MODIFIKASI SISTEM KELISTRIKAN ENGINE KENDARAAN RODA TIGA TOSSA UNTUK MOBIL KITA 13. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
PROYEK AKHIR_DHIMAS IYAN SAPUTRA_13509134036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari proyek akhir ini adalah merancang proses modifikasi, melaksanakan proses modifikasi dan menguji hasil modifikasi kelistrikan engine kendaraan roda tiga Tossa. Proses modifikasi dimulai dari (1) Pengidentifikasian kelengkapan dan kerusakan semua sistem kelistrikan engine (2) Observasi harga barang dan dilanjutkan dengan pembelian komponen yang diperlukan untuk proses modifikasi (3) Penggantian komponen dan modifikasi dudukan komponen (4) Perakitan komponen pada mobil KITA 13 dan penyambungan kabel dengan semua komponen setelah dibuat jalur dan kabel kelistrikan yang baru dan diakhiri (5) Pengujian fungsi setiap sistem kelistrikan engine. Berdasarkan hasil modifikasi yang dilakukan dapat disimpulkan (1) perancangan meliputi memperbaiki sistem kelistrikan engine, membuat dudukan baru komponen, membuat jaringan kabel baru (2) proses modifikasi meliputi mengidentifikasi kelengkapan dan kerusakan sistem kelistrikan engine, melakukan observasi harga barang dan membeli komponen yang diperlukan, mengganti komponen dan memodifikasi dudukan komponen, merakit komponen dan menyambung kabel dengan semua komponen, menguji fungsi setiap sistem kelistrikan engine (3) pengujian sistem starter tanpa beban dengan menggunakan kabel jumper sebagai penghubung dengan menghubungkan kabel jumper ke terminal 30 dan terminal C. Dihasilkan motor starter berputar dan saat kabel jumper dilepas motor starter berhenti berputar atau tidak mengalami los/berputar terus menerus. Proses pengujian dengan beban yaitu menghidupkan starter setelah dipasang pada mesin dan mengukur putaran starter dengan rpm meter, hasilnya motor starter berputar pada 25-40 rpm. Pengujian sistem pengapian ketika mesin dihidupkan busi memercikan bunga api dan saat mesin hidup dilakukan pemeriksaan timing pengapian dengan timing light dengan hasil pada putaran stasioner tanda F sejajar dengan garis dan saat putaran mesin dinaikkan tanda F tersebut maju melawan arah gerak magnet sehingga mesin hidup dengan timing pengapian yang tepat. Pengujian sistem pengisian dihasilkan arus pengisian baterai 0,2A/5000rpm dan tegangan pengisian baterai 13V/5000rpm. Spesifikasi arus yaitu 0,4A/5000rpm dan batas tegangan 13-15V/5000rpm. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan multimeter. Jadi sistem pengisian dapat berfungsi normal.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi Sistem Kelistrikan Engine Kendaraan Roda Tiga Tossa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60756

Actions (login required)

View Item View Item