PEMBUATAN RAK SPARE PART DAN RELAYOUT RUANG SPARE PART DI NISSAN DATSUN MAGELANG GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PARTMAN

Syaiful, Agus Achmad (2018) PEMBUATAN RAK SPARE PART DAN RELAYOUT RUANG SPARE PART DI NISSAN DATSUN MAGELANG GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PARTMAN. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah Proyek Akhiir.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembuatan rak spare part dan relayout yang dilakukan oleh penulis adalah: (1) mempermudah pencarian dan pengambilan spare part oleh partman (2) meningkatkan tingkat keselamatan kerja dengan menempatkan spare part terutama oli pada tempat khusus (rak). Proses pembuatan rak spare part disesuaikan dengan kebutuhan proses relayout ruang spare part di Nissan-Datsun Magelang. Rak disesuaikan kapasitasnya untuk mempermudah proses relayout ruang spare part secara keseluruhan. Relayout menggunakan metode pengelompokan jenis spare part berdasarkan tingkat demand atau pesanan spare part yang dikenal dengan istilah part moving code. Spare part dengan tingkat demand tinggi dikelompokkan dalam suatu area tertentu hal ini juga berlaku bagi spare part dengan tingkat demand menengah dan rendah. Relayout ini juga mempertimbangkan efisiensi kerja partman dan juga mempertimbangkan aspek lain seperti keselamatan kerja. Kemudian proses pengujian yang dilakukan dengan cara studi gerak dan juga pengujian waktu kemudian hasil pengujian dibandingkan antara sebelum proses relayout dan sesudah proses relayout. Setelah melakukan pengujian terhadap hasil proses relayout terhadap ruang spare part di Nissan-Datsun Magelang terdapat beberapa kesimpulan diantaranya: (1) gerakan partman ketika melakukan sebuah pekerjaan dapat dikurangi kurang lebih 2-3 gerakan setelah proses relayout dilakukan. Dalam satu hari kerja efisiensi kerja partman dapat ditingkatkan dengan pengurangan 9-24 gerakan yang tidak diperlukan. (2) waktu yang diperlukan oleh partman dalam melakukan suatu pekerjaan juga dapat dikurangi hingga 0,5 menit setelah proses relayout dilakukan. Dan dalam satu hari waktu yang tidak efisien dapat dikurangi hingga 6 menit, sehingga efisiensi kerja partman dapat dikatakan meningkat. (3) tingkat keselamatan kerja terutama spare part juga menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: spare part, relayout, partman
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:01
Last Modified: 29 Jan 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60712

Actions (login required)

View Item View Item