Keefektifan Model Guided Inquiry disertai Jurnal Peserta Didik terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA

Cahyati, Rama (2018) Keefektifan Model Guided Inquiry disertai Jurnal Peserta Didik terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Rama Cahyati_16725251021.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Guided Inquiry disertai Jurnal peserta didik dapat meningkatkan kemampuan menerapkan konsep perubahan lingkungan di kelas X SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Exsperiment Research) yang menggunakan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini menggunakan populasi penelitian (research population), yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kalasan yang mewakili skor rata-rata ujian nasional biologi tinggi dan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan yang mewakili skor rata-rata ujian nasional biologi rendah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan jumlah 104 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling dari kelas X yang masing-masing berjumlah 4 kelas, baik di SMA Negeri 1 Kalasan maupun di SMA Negeri 1 Prambanan. Dari 4 kelas tersebut diundi, kemudian diambil masing-masing 2 kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian di SMA Negeri 1 Kalasan adalah kelas X MIPA 4 dan kelas X MIPA 5, sedangkan yang terpilih menjadi sampel penelitian di SMA Negeri 1 Prambanan adalah kelas X MIPA 3 dan kelas X MIPA 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model Guided Inquiry, lembar Jurnal peserta didik, dan soal kemampuan menerapkan konsep. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji t (independent sample t-test) pada data posttest dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model Guided Inquiry disertai Jurnal peserta didik dapat meningkatkan kemampuan menerapkan konsep. Kata Kunci: Model Guided Inquiry, Jurnal Peserta Didik, Kemampuan Menerapkan Konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 18 Oct 2018 00:56
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60624

Actions (login required)

View Item View Item