Keberadaan Tari Kebagh dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan

Safitri, Serly (2018) Keberadaan Tari Kebagh dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di SMA Negeri 4 Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS SERLY SAFITRI 16724251008.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) bentuk penyajian tari Kebagh di daerah Besemah Kota Pagar Alam (2) nilai-nilai moral yang terkandung pada Tari Kebagh, dan (3) relevansi tari Kebagh di SMA Negeri 4 Pagar Alam dengan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian fenomenologis. Objek formal dalam penelitian ini adalah nilai moral yang menunjukkan nilai yang terkandung dalam tari Kebagh, serta nilai pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah. Objek material dalam penelitian ini adalah tari Kebagh yang ada di daerah Besemah Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bentuk penyajian dalam tari Kebagh yang merupakan tarian tradisi daerah kelompok yang di dalamnya terdapat struktur penyajian meliputi; gerak, musik iringan, tata rias, busana, tempat pertunjukan, dan properti. (2) Nilai-nilai moral yang terkandung di dalam tari Kebagh meliputi: nilai religius, tanggung jawab, disiplin, teoleransi, kerja keras, serta komunikatif atau bersahabat. (3) Relevansi Tari Kebagh terhadap pendidikan karakter di SMA Negeri 4 Kota Pagar Alam, adapun nilai-nilai pendidikan karakternya yaitu: religius, tanggung jawab, disiplin, toleransi, kerja keras, bersahabat/komunikatif, dan cinta tanah air Kata kunci: Karakter, Moral, Tari, Kebagh

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:31
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60604

Actions (login required)

View Item View Item