Pengembangan Model Blended learning Menggunakan E-learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Genetika Di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu

Oktaria, Sheren Dwi (2018) Pengembangan Model Blended learning Menggunakan E-learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Genetika Di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_Sheren Dwi Oktaria_16707251002-compressed.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan model Blended learning menggunakan e-learning berbasis moodle yang berkualitas untuk mahasiswa pendidikan biologi di Universitas Bengkulu pada mata kuliah Genetika. Penelitian pengembangan ini mengadopsi langkah pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Pengumpulan data diperoleh melalui validasi internal dan validasi eksternal. Validasi internal pada tahap pengembangan model blended learning ini dilakukan oleh dua ahli model, dua ahli media e- learning dan dua ahli materi. Validasi eksternal dilakukan dengan melihat respon mahasiswa terhadap implementasi model blended learning dan keefektifan yang dilihat melalui hasil tes yang terdiri dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada mata kuliah genetika dengan jumlah mahasiswa sebanyak 39 orang. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa model blended learning berdasarkan komponen dan perangkat model pembelajaran, serta panduan e- learning berbasis moodle bagi dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa model blended learning untuk mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah genetika telah memenuhi kriteria kualitas dengan katagori sangat baik. Hasil penilaiian diperoleh dari ahli model dengan ratarata 3,81 dengan katagori sangat baik, ahli media dengan rata-rata 3,83 dengan katagori sangat baik, ahli materi dengan rata-rata 3,43 dengan katagori sangat baik. Keefektifan model blended learning dibuktikan dengan perbandingan n-gain hasil belajar 0,5 dan hasil uji t diperoleh nilai Sig ≤ 0,005 yang menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah di implementasikan model blended learning. Selain itu terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang meningkat dari 71,67 menjadi 86,07. Hasil angket motivasi mahasiswa menunjukan bahwa mahasiswa memberikan respon yang baik dan memberikan dampak pada meningkatnya motivasi belajar seperti motivasi intrinsik, self-efficacy, self-determination, grade motivation, dan career motivation dengan rerata 3,36 dengan katagori sangat baik. Kata kunci: model blended learning, e- learning, moodle, genetika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:18
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60570

Actions (login required)

View Item View Item