Pengembangan Multimedia Pembelajaran Videografi di Vocational High School Budi Mulia Dua Jurusan Game Art and Design

Sari, Citra (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Videografi di Vocational High School Budi Mulia Dua Jurusan Game Art and Design. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS .swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)menghasilkan produk multimedia pembelajaran videografi yang layak untuk siswa SMK kelas X di Vocational High School Budi Mulia Dua atau SMK BMD, dan (2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran videografi terhadap hasil belajar siswa jurusan multimedia peminatan kelas sinematografi. Penelitian ini dilakukan di SMK Budi Mulia Dua jurusan multimedia peminatan kelas sinematografi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Budi Mulia Dua kelas X. Untuk metode penelitian yang dikembangkan mengacu pada penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi and Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, lembar angket, dan tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Sedangkan uji kelayakan media dan kefektivitas hasil belajar diketahui dengan cara analisis data tingkat capaian KKM atau kompetensi minimal yang harus diperoleh siswa serta analisis nilai pre-test dan post-test menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian ini berupa: (1) produk multimedia pembelajaran videografi yang terbukti layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran videografi dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan ini terbukti dari hasil penilaian validasi ahli media dengan kategori penilaian sangat baik, validasi ahli materi dengan penilaian sangat baik, penilaian hasil uji coba siswa dengan kategori sangat baik, (2) produk yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa yaitu 80% siswa SMK BMD dinyatakan telah mencapai kompetensi minimal dengan analisis gain score 0,7 kategori baik dan 20% gain score 0,6 dengan kategori sedang. Kata Kunci: pengembangan multimedia, pembelajaran videografi, berbasis adobe flash.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Date Deposited: 16 Oct 2018 03:42
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60565

Actions (login required)

View Item View Item