Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di Surakarta

Hasan, Arsyadani (2018) Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arsyadani hasan-16702251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan HOTS siswa SMK kompetensi keahlian teknik pemesinan se-Surakarta, (2) mendeskripsikan HOTS siswa SMK negeri kompetensi keahlian teknik pemesinan se-Surakarta, (3) mendeskripsikan HOTS siswa SMK swasta kompetensi keahlian teknik pemesinan se-Surakarta, dan (4) mendeskripsikan HOTS siswa SMK kompetensi keahlian teknik pemesinan se-Surakarta pada ranah menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan instrument tes berupa soal pilihan ganda beralasan guna mengukur HOTS siswa SMK di Surakarta. Langkah-langkah penelitian yang dilaksanakan meliputi mengkaji teori yang memunculkan pertanyaan penelitian, menyusun instrumen, validasi intrumen, uji empiris instrumen, mengukur HOTS siswa, dan menyimpulkan. Validasi instrumen dilakukan oleh dua dosen ahli. Uji empiris dilaksanakan di SMK Pancasila dengan siswa di luar sampel penelitian. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMK negeri dan swasta bidang teknik pemesinan di Surakarta sebanyak 839 siswa. Sampel penelitian ditentukan secara proportional random sampling, sebanyak 182 siswa yang tersebar di sembilan SMK, meliputi SMK negeri (SMKN 2 Surakarta dan SMKN 5 Surakarta), dan SMK swasta (SMK Warga, SMK Katolik ST Mikael, SMK Pancasila, SMK Murni 1, SMK Muhammadiyah 1, SMK Kristen 2, dan SMK Bhineka Karya). Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif dengan menghitung mean dan kategori HOTS berdasarkan skor hasil pengerjaan tes. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) mean total HOTS siswa SMK sebesar 48,49 (rendah) dengan rincian persentase capaian 39,56% kategori tinggi, 18,68% kategori sedang, dan 41,76% kategori rendah, (2) HOTS siswa SMK negeri menunjukkan mean sebesar 51,10 dengan kategori sedang, (3) HOTS siswa SMK swasta menunjukkan mean sebesar 47,74 dengan kategori rendah, dan (4) ranah HOTS meliputi kemampuan menganalisis dengan mean 13,89 (rendah) dan capaian persentase siswa kategori tinggi sebesar 33,52%, kategori sedang 12,64%, dan kategori rendah 53,85%, kemampuan mengevaluasi dengan mean 21,79 (tinggi) dan capaian persentase siswa kategori tinggi sebesar 70,33%, kategori sedang 8,24%, dan kategori rendah 21,43%, dan kemampuan mencipta dengan mean 12,81 (rendah) dan capaian persentase siswa kategori tinggi sebesar 17,58%, kategori sedang 9,89%, dan kategori rendah 72,53%. Kata Kunci: higher order thinking skills, SMK, teknik pemesinan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:43
Last Modified: 18 Aug 2022 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60542

Actions (login required)

View Item View Item