Pengaruh Budaya Sekolah, Iklim Kelas dalam Pembelajaran PPKn dan Program Pembinaan Karakter Terhadap Disiplin Siswa Man 3 Palembang

Maryani, Maryani (2018) Pengaruh Budaya Sekolah, Iklim Kelas dalam Pembelajaran PPKn dan Program Pembinaan Karakter Terhadap Disiplin Siswa Man 3 Palembang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
MARYANI_16730251036-compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh budaya sekolah terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang, 2) pengaruh iklim kelas dalam pembelajaran PPKN terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang, 3) pengaruh program pembinaan karakter terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang, dan 4) pengaruh antara budaya sekolah, iklim kelas dalam pembelajaran PPKN dan program pembinaan karakter secara bersama-sama terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis komparatif. Yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah, iklim kelas dalam pembelajaran PPKn dan program pembinaan karakter terhadap disiplin siswa di MAN 3 Palembang. Populasi penelitian ini berjumlah 316 siswa kelas X MAN 3 Palembang. Alasan memilih kelas X karena program boarding school hanya diwajibkan pada siswa kelas X. Adapun teknik pengambilan sampel ialah sampel jenuh yang berarti semua siswa kelas X yang berjumalah 316 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (angket) pada siswa. Angket telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner tersebut. Berdasarkan uji coba tersebut angkat dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi 1) analisis deskriptif persentase dan 2) uji hipotesis melalui analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan budaya sekolah terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang. Hal ini buktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05. Dengan kontribusi sebesar 17,9%; 2) terdapat pengaruh signifikan iklim kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang. Hal ini buktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05. Dengan kontribusi sebesar 56,6%; 3) terdapat pengaruh signifikan program pembinaan karakter terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang. Hal ini buktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05. Dengan kontribusi sebesar 2,0%; dan 4) terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah, iklim kelas dalam pembelajaran PPKn dan program pembinaan karakter secara bersama-sama terhadap disiplin siswa MAN 3 Palembang. Hal ini buktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05. Secara keseluruhan ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi 76,5% terhadap disiplin siswa sehingga ada 23,5% faktor lain yang mempengaruhi disiplin siswa MAN 3 Palembang. Kata Kunci: Budaya sekolah, disiplin, Iklim kelas dalam pembelajaran PPKn, Program pembinaan karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:39
Last Modified: 09 May 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60537

Actions (login required)

View Item View Item