Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo dalam Upaya Penguatan Kewarganegaraan Ekologis pada Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Nugroho, Dedy Ari (2018) Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo dalam Upaya Penguatan Kewarganegaraan Ekologis pada Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). S2 thesis, UNY.

[img] Text
NASKAH TESIS FULLTEXT DEDY ARI NUGROHO-compressed.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo dalam upaya penguatan Kewarganegaraan Ekologis pada Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), (2) Bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya penguatan Kewarganegaraan Ekologis pada Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), (3) hambatan bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Sukoharjo dalam upaya penguatan Kewarganegaraan Ekologis dalam Program KOTAKU. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sukoharjo, terutama di enam desa atau kelurahan penerima Program KOTAKU, yaitu di Kelurahan Sukoharjo, Desa Jetis, Kelurahan Sonorejo, Desa Banaran, Desa Sanggrahan, dan Kelurahan Kartasura. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, pengamatan atau observasi, dan juga studi dokumen yang relevan dengan kajian penelitian. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik snowball yang terdiri dari pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) terutama bagian Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP), Askot Program KOTAKU, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Relawan Program KOTAKU, dan masyarakat umum (partisipan) Program KOTAKU di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Uji keabsahan data hasil penelitian dilakukan dengan teknik trianggulasi data. Data penelitian dianalisis menggunakan prosedur analisis kualitatif model interaktif dengan langkah-langkah: (1) Pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, pertama strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo dilakukan dengan bentuk kegiatan sosialisasi, pelatihan, penggalangan partisipan, pemberian reward untuk memotivasi partisipasi masyarakat, melakukan monitoring/uji petik, dan terlibat dalam kegiatan evaluasi. Strategi tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan juga memberikan stimulasi perubahan sikap dan pola berpikir masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam bidang lingkungan hidup (ecological citizenship). Kedua, masyarakat Kabupaten Sukoharjo memberikan partisipasi dalam bentuk ide, gagasan atau pemikiran, waktu tenaga, dan materi dalam penyelenggaraan Program KOTAKU. Ketiga, Pemerintah Daerah dan masyarakat menemui hambatan yang berkaitan dengan organisasi pelaksana, hambatan pendanaan, hambatan pengadaan lahan, dan juga hambatan secara teknis. Kata Kunci: Kewarganegaraan Ekologis, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), strategi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:25
Last Modified: 09 May 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60535

Actions (login required)

View Item View Item