Evaluasi Program Pelatihan Perhotelan Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Yogyakarta

Salama, Salmia (2018) Evaluasi Program Pelatihan Perhotelan Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
SALMIA SALAMA.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kepuasan peserta pelatihan dilihat dari aspek fasilitator, materi, metode, dan fasilitas pelatihan perhotelan yang telah diikuti, (2) pemahaman materi pelatihan yang dipahami oleh peserta pelatihan perhotelan, (3) implementasi perilaku peserta pasca pelatihan pelatihan setelah kembali ke tempat kerja, dan (4) keberhasilan program pelatihan perhotelan dilihat dari sudut pandang peningkatan kompetensi peserta pelatihan disebabkan oleh adanya hasil pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitan evaluasi menggunakan model Kirkpatrick dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala LKP MU Yogyakarta, kepala HRD dan lima peserta pelatihan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi reaksi menunjukkan peserta pelatihan merasa puas dengan fasilitator, materi, metode dan fasilitas pelatihan. (2) Hasil evaluasi belajar menunjukkan perubahan sikap yang dapat aktif belajar mandiri, bekerjasama dalam diskusi, pengetahuan yang didapatkan pengetahuan tentang perhotelan, front office/Receptionist, house keeping, komputer, kesehatan, dan pariwisata, memiliki keterampilan berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Cina/Mandarin, tata krama, cara berkomunikasi dan berpenampilan dengan baik. (3) Hasil evaluasi perilaku menunjukkan sebagian besar informan mampu mengimplementasikan sikap yang telah diajarkan selama pelatihan diantaranya lebih percaya diri dalam bekerja karena dapat mengaplikasikan materi yang didapatkan selama pelatihan, menerima/mendengarkan pendapat orang lain, menyepakati dan menaati etika profesi. Namun berpartisipasi dalam pemecahan masalah sebagian besar merasa tidak pernah dilibatkan. Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu menguasai tentang front office, house keeping dan aplikasi komputer. Namun belum dapat merencanakan sales dan marketing. (4) Hasil evaluasi hasil menunjukkan peserta mengalami peningkatan kualitas diri, produktivitas, pelayanan dan kepuasan kerja. Para peserta juga sering melakukan komunikasi terkait pekerjaan agar dapat sharing dan meningkatkan kinerja. Kesalahan kerja terjadi hanya pada saat waktu pertama masuk kerja yakni kurang ramah dan tidak menyapa tamu. Kata kunci: evaluasi, program, perhotelan, lembaga kursus

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:08
Last Modified: 09 May 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60532

Actions (login required)

View Item View Item