Ikhsanudin, Ikhsanudin (2018) Konstruksi Tes Formatif untuk Diagnosis Miskonsepsi Materi Biologi SMA Kelas X Semester Gasal. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
PEP_S2_TESIS_IKHSANUDIN (16701251026)-compressed.swf Download (2MB) |
Abstract
Miskonsepsi merupakan salah satu bentuk kesulitan belajar yang sering terjadi dalam pembelajaran biologi. Adanya miskonsepsi pada siswa perlu diselidiki kemudian diremediasi agar tidak menjadi kendala dalam pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyusun dan menghasilkan instrumen diagnosis untuk mendeteksi miskonsepsi Biologi SMA kelas X semester gasal, dan 2) menguji kualitas instrumen diagnosis yang telah disusun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berfokus pada konstruksi tes kemampuan kognitif. Model pengembangan menggunakan modifikasi model pengembangan tes Oriondo & Dallo-Antonio (1998: 34) dan langkah-langkah konstruksi tes Azwar (2016: 20) yang dirumuskan dalam tiga tahap untuk konstruksi tes yaitu 1) tahap perencanaan instrumen yang terdiri dari penetapan domain ukur (konstruk teoretik), penyusunan kisi-kisi dan item soal, seminar instrumen, dan peer review dengan mahasiswa S2 program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dan Pendidikan Biologi, kemudian dilanjutkan validasi instrumen melalui expert judgement, 2) tahap uji coba instrumen pada 885 siswa SMA kelas X di Kabupaten Gunungkidul, dan 3) tahap interpretasi hasil uji coba instrumen yang meliputi pembuktian validitas empiris (item fitness), reliabilitas tes, dan analisis parameter item menggunakan program Quest. Selain itu, juga dilakukan wawancara tidak terstruktur dengan guru biologi untuk menguatkan kelayakan instrumen. Hasil penelitian berupa instrumen tes formatif untuk keperluan diagnosis miskonsepsi dalam bentuk pilihan ganda beralasan yang terdiri dari dua paket tes. Panjang masing-masing paket tes adalah 35 item dengan 7 item bersama (anchor) sehingga total item tes yang disusun sebanyak 63 item. Validitas isi instrumen tes menggunakan formula Aiken sebesar 0,85. Dari analisis menggunakan program Quest diperoleh 62 item fit dan satu item revisi. Reliabilitas tes ditunjukkan oleh koefisien Kappa sebesar 0,47 sehingga instrumen tes terbukti valid dan reliabel. Item-item tes memiliki tingkat kesukaran dan daya beda yang bervariasi dan tergolong baik. Sebanyak 13 guru dari sebelas sekolah sampel menyatakan bahwa instrumen layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk penggunaan tes pada level sekolah, instrumen telah memenuhi kriteria instrumen tes yang baik. Selanjutnya, guru/peneliti dapat menggunakan dan atau memodifikasi instrumen tes untuk keperluan penilaian dan atau penelitian terkait pemahaman dan miskonsepsi siswa terhadap materi biologi SMA kelas X semester gasal. Kata kunci: biologi, diagnosis miskonsepsi, pemahaman konsep, tes formatif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 02:39 |
Last Modified: | 09 May 2019 09:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |