Evaluasi Program Guru Tidak Tetap dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru SMA/SMK di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat

Wahidah, Andina Nurul (2018) Evaluasi Program Guru Tidak Tetap dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru SMA/SMK di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Andina-compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) kondisi kebutuhan guru SMA/SMK di Kabupaten Landak, (2) pelaksanaan program Guru Tidak Tetap (GTT) di Kabupaten Landak, dan (3) distribusi penempatan GTT dalam memenuhi kebutuhan guru SMA/SMK di Kabupaten Landak. Evaluasi program ini menggunakan model evaluasi kesenjangan/ the discrepancy evaluation model yang dikembangkan oleh Provus dengan pendekatan kuantitatif. Evaluasi ini dilakukan secara formal melalui pengumpulan data dan mendeskripsikannya, serta dilanjutkan dengan kesimpulan yang didasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan. Pelaksanaan evaluasi dimulai pada bulan September 2017 hingga Januari 2018 di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Sumber data dalam evaluasi ini adalah kepala sekolah dan GTT di 4 (empat) SMA/SMK yang terpilih menjadi responden, yaitu (1) SMA Negeri 1 Menjalin, (2) SMA Negeri 2 Mandor, (3) SMK Negeri 1 Ngabang dan (4) SMK Negeri 1 Mempawah Hulu. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 (tiga) teknik, yaitu (1) teknik survey menggunakan lembar angket tertutup, (2) dokumentasi menggunakan dokumendokumen, dan (3) wawancara menggunakan pedoman wawancara semi terstruktur kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak sebagai data pelengkap. Instrumen angket yang digunakan dalam evaluasi ini telah diuji validitas dan reli abilitasnya dengan indeks validitas isi pada angket responden GTT sebesar 0,92 dan koefisien reliabiltas α=0,84, sedangkan pada angket responden kepala sekolah sebesar 0,94 dan koefisien reliabilitas α=0,77. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil evaluasi menunjukkan (1) kondisi guru SMA/SMK di Kabupaten Landak tahun 2017/2018 masih mengalami kekurangan guru sebesar 32,05%, (2) evaluasi program GTT memperoleh rata-rata persentase sebesar 72,22% dan (3) distribusi penempatan GTT hanya memenuhi 16,60% dari jumlah kebutuhan guru. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program GTT tahun 2017/2018 masih mengalami kesenjangan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagai standar. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, saran yang diberikan adalah, (1) peranan aktif Pemerintah Daerah khususnya Disdikbud Kabupaten Landak dalam mensosialisasikan analisis perhitungan kebutuhan guru menjadi data pokok wajib bagi setiap sekolah sebagai dasar dalam penempatan guru, (2) pembentukan tim khusus program GTT sebagai penanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan dan mengawasi program, dan (3) optimalisasi sinergisitas peran antara pemerintah daerah Kabupaten Landak, kepala sekolah dan GTT dalam merealisasikan program GTT sebagai program yang solutif untuk memenuhi kebutuhan guru serta pembangunan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Kata kunci: program guru tidak tetap, pemenuhan kebutuhan guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:16
Last Modified: 09 May 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60500

Actions (login required)

View Item View Item