Pengembangan Buku Cerita Pop-Up Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta

Nisa', Luthfatun (2018) Pengembangan Buku Cerita Pop-Up Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Luthfatun Nisa'_PAUD_16717251047 TESIS.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku cerita pop-up berbasis karakter yang layak dan menguji efektifitas produk buku cerita pop-up berbasis karakter untuk mengembangkan karakter peduli sosial anak usia 4-5 tahun. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg & Gall dan dari 10 tahap pengembangan, pada penelitian ini disederhanakan hanya sampai 9 tahap pengembangan. Subjek uji coba sejumlah 8 anak dan 3 guru pada uji pendahuluan, uji meluas subjek sebanyak 40 anak dan 9 guru, dan pada uji efektivitas melibatkan 101 anak dari empat kelas dengan jumlah sampel 80 anak, 40 sebagai kelas kontrol dan 40 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan angket respon guru, dan lembar observasi, selanjutnya data dianalisis dengan independet samples T-test dan uji sampel berpasangan dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah buku cerita pop-up berbasis karakter, dan buku dinyatakan baik dilihat dari aspek ilustrasi, konstruksi, bahasa dan isi cerita dengan melalui uji pendahuluan, uji lapangan utama dan uji efektivitas. Hasil uji kelayakan pada uji pendahuluan dari aspek ilustrasi memperoleh rerata 4,3 dengan kategori sangat baik, aspek konstruksi memperoleh rerata 3,68 dengan kategori baik, dan aspek bahasa dan isi cerita memperoleh rerata 4,06 dengan kategori baik. Pada uji lapangan utama pada aspek ilustrasi dengan rerata 4,7 tergolong kategori sangat baik, pada aspek konstruksi dengan rerata 4,28 dengan kategori sangat baik,dan 4,42 pada aspek bahasa dan isi cerita dengan kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas pada uji independent samples t-test sebesar 0,000 < 0,05 pada aspek perilaku, sedangkan hasil uji t sampel berpasangan sebesar 0,000 < 0,05 pada aspek perilaku. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa produk buku cerita pop-up berbasis karakter telah layak digunakan dan secara efektif dapat meningkatkan dan mempengaruhi perilaku karakter peduli sosial anak. Kata Kunci: pop-up, pendidikan karakter, peduli sosial, anak usia dini

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Date Deposited: 12 Oct 2018 06:32
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60498

Actions (login required)

View Item View Item