Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis HOTS pada Siswa SMP

Apriyadi, Samsul Feri (2018) Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis HOTS pada Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_SamsulFeriA_14709251085_S2_PMat-compressed.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis kesulitan yang dominan, dan (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika berbasis HOTS. Penelitian ini termasuk penelitian suvei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP di kabupaten Sleman yang berjumlah 14.070 siswa yang berasal dari 110 sekolah. Sampel penelitian sebanyak 420 siswa yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah ditentukan dengan teknik stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yang memberikan gambaran mengenai jenis dan faktor penyebab kesulitan siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, jenis kesulitan yang dominan dialami siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika berbasis HOTS yaitu kesulitan penarikan kesimpulan 86,4%, kesulitan keterampilan proses 81,2%, kesulitan transformasi 44,8%, dan kesulitan pemahaman 36,4%. Untuk siswa kategori tinggi memiliki kesulitan yang relatif lebih kecil pada penarikan kesimpulan, keterampilan proses, transformasi, dan pemahaman dibandingkan siswa kategori sedang dan rendah. Siswa kategori sedang mengalami kesulitan dua kali lipat dibandingkan siswa kategori tinggi pada bagian transformasi dan pemahaman. Sedangkan siswa kategori rendah mengalami kesulitan lebih tinggi dibandingkan siswa kategori tinggi dan sedang pada semua bagian. Kedua, faktorfaktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan yaitu faktor emosional dan intelektual. Selain itu ada faktor lain yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan yaitu berkaitan dengan penguasaan materi dan konsep, kurang teliti, dan kurang latihan. Kata Kunci: analisis kesulitan, pemecahan masalah matematika, HOTS

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:28
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60496

Actions (login required)

View Item View Item