Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Berbasis Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X

Ratnasari, Fitri (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Berbasis Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS Fitri R-compressed.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) studi pendahuluan; (2) tahap perancangan dan pengembangan prototype; (3) tahap penilaian. Subjek uji yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah satu rombongan belajar siswa kelas X SMA N 5 Kota Cirebon. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) lembar validasi RPP dan LKS; (2) lembar penilaian kepraktisan dari guru dan siswa; (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (4) angket kepercayaan diri; dan (5) tes kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: (1) data kuantitatif: skor kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk, (2) data kualitatif: saran perbaikan produk dari validator atau guru serta komentar siswa tentang pelaksanaan pembelajaran. Seluruh data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik dalam bentuk RPP dan LKS berorientasi pada kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, dan kepercayaan diri siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat RPP dan LKS yang telah dikembangkan valid. Hasil penilaian kepraktisan dari guru dan siswa menunjukan bahwa perangkat pembelajaran praktis, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran terlaksana 90%. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa perangkat pembelajaran efektif, yang ditunjukan dengan tingkat ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa 72,4%, tingkat ketuntasan prestasi belajar siswa 75,8% dan rata-rata kepercayaan diri siswa 75,53 dengan kategori baik. Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:22
Last Modified: 09 May 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60493

Actions (login required)

View Item View Item