Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Scientific dan Healthy Life Peserta Didik Kelas VIII SMP

Priyanka, Luh Mitha (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Scientific dan Healthy Life Peserta Didik Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
FULL TEXT FIX.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA model 5E yang layak menurut dosen ahli dan guru IPA dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA model 5E yang efektif dalam meningkatkan keterampilan scientific dan healthy life peserta didik. Metode penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan modifikasi delapan langkah pengembangan Borg & Gall yang meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba terbatas, revisi produk, uji lapangan, revisi produk (penyempurnaan produk akhir) dan diseminasi secara terbatas. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes berupa lembar soal keterampilan scientific peserta didik dan (2) teknik non tes berupa lembar validasi produk, lembar respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterampilan scientific, dan lembar angket sikap healthy life. Data kelayakan produk yang dikembangkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif konversi skala lima dan data keefektifan produk yang dikembangkan dianalisis dengan gain score dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA model 5E yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan juga berada pada kategori baik; dan (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan keterampilan scientific dan healthy life peserta didik dengan gain score scientific dan healthy life kelas eksperimen masing-masing mendapatkan skor 0,30 dan 0,30 yang berada pada kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol mendapat skor 0,09 dan 0,06 yang berada pada kategori rendah. Hasil ini juga didukung dengan uji statistik dengan uji Manova yaitu sig 0,043 dan 0,004<0,05. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan scientific dan healthy life memang diakibatkan oleh keterampilan dan pemikiran peserta didik yang telah berubah setelah megikuti pembelajaran IPA materi zat aditif, adiktif, dan psikotropika dengan perangkat pembelajaran model 5E. Kata Kunci: perangkat pembelajaran IPA, model 5E, keterampilan scientific, healthy life

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:36
Last Modified: 09 May 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60489

Actions (login required)

View Item View Item